DSM V: Pedophilia dan Pedophilic Disorder serta Paraphillia yang…

Dalam buku pegangan The American Psychiatric Association (APA); Diagnostic…

Terapi Gratis

Ketika tubuh kita merasakan sakit, kita langsung bereaksi bahwa…

Smartphone: Brain Drain, Kutu Rambut dan Mr. Nice Guy

Pada hari ini, hampir semua orang memiliki keterkaitan dengan…

Agenda Sosial : Bantuan untuk Korban Gempa Pidie Jaya II

Alhamdulillah, setelah kita melakukan aksi kemanusiaan yang pertama, kita…

Aksi Kemanusiaan untuk Gempa Aceh - Pidie Jaya

Aksi kemanusiaan ini merupakan aksi spontan, yang kami sebut…

Idul Adha Barakah 2016

Idul Adha Barakah : Pembagian paket sembako untuk kawasan…

Agenda Sosial Pikirdong

Agenda sosial merupakan bentuk kepedulian bersama terhadap orang sekeliling…

Salah Kaprah tentang HAM

Dewasa ini isu Hak Asasi Manusia (HAM) semakin marak…

Hormati Jalur Pejalan Kaki

Trotoar, pavement, sidewalk, pathway, atau plaza  merupakan jalur khusus…

Katakan Saja Tidak!

Budaya kita yang menanamkan sikap asertif membuat kita sukar…

«
»
TwitterFacebookGoogle+

Arti Sebuah Persahabatan

Sabahat adalah orang terdekat dengan kita, kebanyakan dari kita selalu mengangap bahwa orang-orang yang kita kenal adalah seorang sahabat atau kenalan. Orang-orang itu akan terus mengisi hidup kita sehingga terjadinya keterdekatan secara psikis. Keterdekatan itu akan memunculkan sifat kegembiraan, rasa senang, suka, atau bahkan pola pikir tertentu telah manjadi bagian dari perilaku kita sehari-hari saat bersamanya.

200x200Beberapa dari perilaku dan sikap kita sehari-hari pun kita tidak akan pernah melepaskan bayang-bayang dari perilaku teman. Sikap belajar dan mencontoh dari sebuah pengalaman, baik yang timbul dari pengelaman sendiri atau orang lain menjadi bagian penting dalam pembelajaran terhadap pembentukan personality pada tahap selanjutnya.

Terjalinnya persahabatan antara seseorang biasanya disebabkan adanya persamaan prinsip, hobby, atau kebiasaan-kebiasaan yang mirip. Misalnya saja dua orang yang bersahabat karena mempunyai hobi bermain catur. Persahabatan itu dimulai dari ketertarikan diantara salah satunya dengan olahraga tersebut, saling membutuhkan untuk saling memenuhi kebutuhan hobi tersebut. Persahabatan yang terbentuk tidak hanya seabtas dari hobi akan tetapi semakin hari semakin melaus kepada pendekatan interpersonal.

Ketika dihadapakan dengan pertanyaan bagaimana sahabat menurut Anda? Apakah si A sahabat yang baik? Bagaimana dengan si B? Kadang kita sedikit kesulitan ketika ditanya mengenai penilaian seperti pertanyaan diatas, kita mencoba mengingat dan mempertimbangkan segala perilakunya terhadap kita, hingga kita dapat memutuskan si A adalah sahabat yang baik dan B adalah tidak. Sahabat bukanlah berarti orang-orang yang hanya sekedar berada di sekeliling kita, mereka adalah orang-orang yang luar biasa yang memberikan keindahan dalam hidup kita;


Apakah Anda sahabat yang baik?

Seberapa jauh Anda mengenal dirinya? Keluarganya? hobinya? Hal yang disukai dan tidak disukainya?

Seberapa sering Anda mengunjungi sahabat Anda itu?

Apakah teman-teman Anda tidak pernah melupakan Anda? Misalnya selalu mengundang Anda dalam kegiatan yang dilakukan oleh mereka?

Seberapa banyak Anda menerima kartu ucapan dari mereka baik melalui postcard, email, sms, surat dsb?

Apakah ia menelpon Anda ketika ia sedang mengalami kesulitan atau dalam keadaan sedih?

 

Apa arti sahabat?

 

1. Sahabat adalah orang yang tidak mempengaruhi cara berpikir kita untuk setuju atau pengakuan terhadap hal-hal prinsipil.

Banyak sahabat yang mencoba mempengaruhi perilaku kita, beberapa argumen atau bahkan kebiasaan yang tidak lazim bagi kita untuk mengikuti cara hidup seperti mereka. Biasanya cara-cara seperti ini muncul pada kelompok. Ketua kelompok mencoba mempengaruhi cara kita berpikir dengan berbagai doktrin tertentu setiap anggota kelompoknya. Sahabat yang baik tidaklah memaksa pendapatnya, mereka lebih menghargai perbedaan yang muncul sebagai bentuk kebebasan dan menghormati prinsip-prinsip Anda.

2. Sahabat tidak pernah mengajak pada tindakan kejahatan ataupun hal-hal merusak lainnya.

Kadang kita dihadapkan pada sebuah dilema ketika sahabat terdekat kita mengajak pada hal-hal yang dapat merusak, seperti pada ajakan utuk mencoba narkoba. Kuno, kampungan menjadi kalimat rayuan yang menantang akibat dari kata-kata mereka. Sahabat yang baik tidak akan merayu, menggoda dan apalagi memaksa untuk mencoba barang haram itu.

3. Ia mempunyai kejutan-kejutan yang tidak pernah Anda duga.

Ada banyak sesuatu yang dapat Anda peroleh ketika Anda mempunyai sahabat yang akrab, misalnya tanpa Anda duga ia mengunjungi Anda dengan membawa oleh-oleh, tetapi teman sejati juga membawa Anda sebuah hadiah yang tak ternilai; sebuah kebersamaan.

4. Ia mengenal Anda!

Seorang sahabat tidak hanya mengenal Anda sebatas nama, tanggal lahir dan kebiasaan-kebiasaan yang sering Anda lakukan, sahabat sejati juga mengenal prinsip, hal yang Anda sukai dan sesuatu yang tidak Anda suka. Ia juga mengenal keluarga dan sahabat dari cerita Anda.

5. Ia selalu menyediakan waktu untuk Anda.

Mendengarkan adalah hal yang paling sulit untuk dilakukan, setiap orang selalu lebih menyukai untuk bercerita dibandingkan untuk mendengarkan cerita orang lain. Apalagi untuk mendengarkan keluh kesah  orang lain, kadang bagi orang tertentu, suatu masalah kecil menganggap hal seperti itu bukanlah hal yang besar untuk dibicarakan. Sahabat sejati selalu menyediakan waktunya untuk mendengar hal sekecil apapun!

6. Ia dapat menjaga rahasia.

Orang yang menyukai gosip sangat sulit menyimpan rahasia. Ia dapat menceritakan hal apa saja yang ia ketahui dari orang lain sebagai bahan obrolan. Biasanya orang yang menyukai gosip adalah orang-orang yang haus akan perhatian orang lain. Sahabat sejati selalu dapat menjaga rahasi dan privasi orang lain, ia dapat menjaga hal-hal yang memang pantas untuk diceritakan kepada orang lain atau tetap menjaga rahasia Anda.

7. Ia tahu Anda dalam kesulitan.

Kebanyakan orang hanya dapat prihatin dengan kesusahan yang menimpa pada orang lain, berbagai bentuk simpati mungkin dapat saja Anda terima. Sahabat sejati selalu berada disamping Anda ketika Anda sedang dalam kesedihan. Ia berusaha menghibur Anda dan tidak berhenti sampai disitu saja, ia juga berusaha mengurangi kesulitan Anda dengan sesuatu yang dapat dilakukannya.

 

Menjaga persahabatan tetap utuh

Persahabatan ibaratkan dengan tanaman, semakin Anda sering menyiramnya maka Anda akan memperoleh sebuah kuntum bunga yang indah di suatu saat.

1. Lakukan yang terbaik ketika ia meminta pertolongan kepada Anda, sebuah bantuan yang tulus tidak akan dapat dilupakan oleh seseorang dibandingkan Anda memberikan bantuan berupa uang.

2. Sediakan waktu Anda untuk dia tidak hanya di saat senang saja, sediakan waktu untuk mendorong dan membangkitkan semangat dia ketika dia dalam kesedihan.

3. Berikanlah beberapa kejutan yang tidak terduga kepadanya.

4. Komunikasi yang tetap ada, sapahlah dia dan tanyakan kabar dan keadaannya.

5. Jangan berharap ia melakukan hal yang sama seperti Anda memperlakukannya.

6. Kunjungi ke rumahnya sekedar untuk tatap muka, pertemuan akan membuat Anda terasa lebih akrab dengannya.

7. Lakukan pekerjaan atau menghabiskan waktu secara bersama, semakin banyak waktu yang Anda punya untuk bersama, Anda akan saling mengenalnya lebih dalam.

8. Sisihkan sedikit uang belanja Anda, belikanlah sesuatu yang sangat di impikannya sebagai hadiah ulang tahun atau hadiah akhir tahun

 

Penulis :ayed

Sayed Muhammad adalah lulusan psikologi Universitas Islam Indonesia, ia adalah perintis dan penulis tetap di website ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Lainnya

Episode Depresi

06 Sep 2013 pikirdong

Episode depresi digolongkan pada rentang waktu kemunculan depresi yang relatif singkat, pada umumnya penderita episode…

General Anxiety Disorder (GAD)

06 Sep 2013 pikirdong

Gangguan kecemasan umum (general anxiety disorder; GAD) merupakan bentuk gangguan kecemasan dimana individu secara terus-menerus…

Wanita Lebih Mudah Stres?

10 Sep 2013 Sayed Muhammad

Menurut Georgia Witkin dalam bukunya The Female Stress Syndrome (1991), wanita memiliki penyebab stres yang…

Menjadi Survivor yang Baik

09 Dec 2008 Fuad Nashori

Survivor adalah orang yang terluput dari bencana, orang yang selamat. Dalam tulisan ini, digunakan istilah…

Dependent Personality Disorder

06 Sep 2013 pikirdong

Gangguan kepribadian dependen (Dependent Personality Disorder; DPD) adalah suatu kondisi karakteristik dimana individu sangat tergantung…

Mencapai Puncak Prestasi dengan Meningkatkan Kualitas Tidur dan…

09 Sep 2013 Fuad Nashori

Dalam sejarah peradaban Islam dan peradaban Barat ada orang yang sangat brilian. Mereka adalah Ibnu…

Post Partum Blues

07 Sep 2013 pikirdong

Post Partum Blues merupakan problem psikis sesudah melahirkan seperti kemunculan kecemasan, labilitas perasaan dan depresi…

Obsessive Compulsive Personality Disorder

06 Sep 2013 pikirdong

Gangguan kepribadian obsesif-kompulsif (Obsessive Compulsive Personality Disorder; OCPD) adalah suatu kondisi karakter dengan gangguan kronis…

Kekerasan dalam Rumah Tangga (KDRT)

09 Sep 2013 pikirdong

Perkawinan bukanlah suatu pengikat yang memberikan kebebasan untuk saling menyakiti pasangan hidupnya. Hidup merupakan kebebasan…

Putus atau Mempertahankan Cintanya?

09 Sep 2013 pikirdong

Punya pacar berarti kamu harus siap-siap untuk memikirkan hal-hal kedepan menyangkut hubungan kalian berdua. Banyak…

Parafilia Yang Tidak Terdefinisi

06 Sep 2013 pikirdong

Ada banyak jenis paraphilia yang disebut-sebut dalam pelbagai referensi, namun APA (American Psychiatric Association)  tidak…

Bila Anda Mendapat Tawaran Pemotretan Sensual?

08 Sep 2013 Sayed Muhammad

Gadis-gadis Indonesia bugil mulai bermunculan di internet sekitar tahun 1997. Gambar sensual tersebut bermunculan tidak…

  • 1
  • 2
  • 3

Artikel Baru

DSM V: Pedophilia dan Pedophilic Disorder serta Paraphillia yang…

Dalam buku pegangan The American Psychiatric Association (APA); Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders yang ke V terjadi perubahan…

30 Aug 2017 Artikel Psikologi Psikologi Klinis pikirdong No comments

Terapi Gratis

Ketika tubuh kita merasakan sakit, kita langsung bereaksi bahwa tubuh membutuhkan dokter dan bila diperlukan juga, diambil langkah untuk rawat…

24 Aug 2017 Kolom Sayed Muhammad Sayed Muhammad No comments

Smartphone: Brain Drain, Kutu Rambut dan Mr. Nice Guy

Pada hari ini, hampir semua orang memiliki keterkaitan dengan internet sebagai salah satu kebutuhan penting manusia modern, internet telah menghubungkan…

13 Jul 2017 Artikel Psikologi Psikologi Umum Sayed Muhammad No comments

Agenda Sosial : Bantuan untuk Korban Gempa Pidie Jaya II

Alhamdulillah, setelah kita melakukan aksi kemanusiaan yang pertama, kita akan mengadakan aksi bantuan kemanusiaan yang kedua yang rencananya akan disalurkan…

19 Dec 2016 Agenda Sosial pikirdong No comments

Aksi Kemanusiaan untuk Gempa Aceh - Pidie Jaya

Aksi kemanusiaan ini merupakan aksi spontan, yang kami sebut sebagai solidaritas warga dunia maya dalam menggalang dana kemanusiaan untuk gempa…

19 Dec 2016 Agenda Sosial pikirdong No comments

Idul Adha Barakah 2016

Idul Adha Barakah : Pembagian paket sembako untuk kawasan Lhokseumawe dan sekitarnya pada tanggal 9-10 September 2016 Dana terkumpul sebesar Rp.…

19 Sep 2016 Agenda Sosial pikirdong No comments

«
»
supportbawah
logobawah

Terbaru

Psikologi Islami

Pikirdong is a website that contains articles psychology, sociology, and some public opinion. Pikirdong also contains several articles related to health, research, technology and science related to psychology. We are open to the public, if you want to contribute articles relating to the above. Thanks
Copyright © 2007 - 2014