Smartphone: Brain Drain, Kutu Rambut dan Mr. Nice Guy

Pada hari ini, hampir semua orang memiliki keterkaitan dengan…

Agenda Sosial : Bantuan untuk Korban Gempa Pidie Jaya II

Alhamdulillah, setelah kita melakukan aksi kemanusiaan yang pertama, kita…

Aksi Kemanusiaan untuk Gempa Aceh - Pidie Jaya

Aksi kemanusiaan ini merupakan aksi spontan, yang kami sebut…

Idul Adha Barakah 2016

Idul Adha Barakah : Pembagian paket sembako untuk kawasan…

Agenda Sosial Pikirdong

Agenda sosial merupakan bentuk kepedulian bersama terhadap orang sekeliling…

Salah Kaprah tentang HAM

Dewasa ini isu Hak Asasi Manusia (HAM) semakin marak…

Hormati Jalur Pejalan Kaki

Trotoar, pavement, sidewalk, pathway, atau plaza  merupakan jalur khusus…

Katakan Saja Tidak!

Budaya kita yang menanamkan sikap asertif membuat kita sukar…

Reformasi Sistem Pendidikan Finlandia Menjadikan Mereka yang Terbaik di Dunia

Reformasi besar-besaran dalam dunia pendidikan di Finlandia telah dimulai…

Perlu Tidak Ulang Tahun Anak Dirayakan?

Anak mulai mengerti kebiasaan perayaan ulang tahun pada usia…

«
»
TwitterFacebookGoogle+

Melawan Stres dan Depresi

Stres merupakan hal lazim terjadi pada setiap individu, stres memberikan kewaspadaan kepada manusia dalam menghadapi ancaman-ancaman dari luar. Bahkan, stres dapat menjadi dorongan bagi individu tertentu dalam menghadapi pelbagai permasalahan hidup untuk terus berusaha dan berjuang menyelesaikan permasalahannya.

Bila individu berhadapan dengan stres secara berlebihan atau membutuhkan waktu lama untuk menghilangkan faktor-faktor penyebabnya maka stres menjadi negatif dan merusak, kondisi ini tidak disebut lagi disebut sebagai stres melainkan distres.

Distres tidaklah baik untuk kesehatan maupun psikologis, individu yang rawan dengan stres akan menumpuk distress dalam pikiran-pikirannya yang kemudian berlanjut pada perubahan-perubahan perilaku atau bahkan terbentuknya depresi dikemudian hari. Meskipun kadang individu terlihat normal dalam perilaku kesehariannya akan tetapi akan terus menyimpan pengalaman stres dalam pikiran bawah sadarnya sementara itu tubuh pun terus menumpuk hormon-hormon kadar stres (kartisol dan GABA) akan memperburuk sistem kekebalan tubuh. Tak heran, individu dengan stres tinggi juga memiliki riwayat penyakit yang banyak pula.

Beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menghindari terbentuknya stres dan depresi;

1. Bermain dengan binatang peliharaan
Kadang binatang peliharaan dapat menjadi “teman” di saat sedang dirundung stres, bahkan mempunyai binatang peliharaan dapat menjadi sebuah langkah terapi dalam menghadapi stres. Ketika kita bermain dengan binatang peliharaan, pikiran kita berhenti memikirkan masalah-masalah yang kita hadapi untuk sementara waktu.

2. Makanan sehat untuk tubuh
Ada hubungan antara pikiran dan tubuh, diet sehat tidak hanya baik untuk tubuh tetapi juga membantu individu merasa lebih sehat (pikirannya). Memperhatikan kadar kalori dalam setiap makanan akan membantu individu menjaga dirinya dari kegemukan (obesitas) dan jumlah kadar gula dalam darah. Buah-buahan, dan sayuran akan meningkatkan kesehatan dan stabilitas mood lebih baik.

3. Makan makanan yang dapat meningkatkan mood
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 dan vitamin B-12 dapat meningkatkan mood menjadi lebih baik dan mengurangi gangguan depresi. Minyak ikan yang terdapat pada salmon, tuna dan beberapa jenis ikan air tawar mengandung asam lemak omega-3, kacang-kacangan juga termasuk di dalamnya. Vitamin B-12 banyak terdapat pada makanan seafood. Individu vegetarian disarankan dapat menggunakan suplemen.

4. Mengurangi makanan berkadar karbohidrat
Karbohidrat tanpa protein dapat meningkatkan kadar serotonin dalam otak, serotonin merupakan senyawa kimia yang dapat meningkatkan mood menjadi baik. Beberapa makanan yang rendah karbohidrat seperti kentang rebus, biskuit yang seluruhnya dibuat dari tepung terigu, atau pasta tanpa daging.

5. Kurangi minuman mengandung caffeine
Terlalu banyak minum kopi dapat membuat tubuh menjadi gemetar, gugup dan meningkatnya kecemasan ―yang merupakan simtom dari depresi. Mengurangi kopi, minuman bersoda, the, dan coklat akan memberikan perbedaan mood sehingga dapat membantu individu yang sedang menghadapi stress dapat tidur lebih nyenyak

6. Jangan meremehkan sakit yang muncul
Beberapa penyakit yang muncul dapat disebabkan oleh depresi dan memperburuk kondisi dan rasa sakit tersebut. Jangan meremehkan rasa sakit yang muncul, segeralah diskusikan dengan dokter untuk penyembuhan.

7. Lakukan pengalihan ketika merasa tidak baik
Bagi beberapa orang, bekerja atau melakukan aktivitas pengalihan ketika stres lebih baik dibandingkan memakai obat antidepressant, tidak perlu melakukan olahraga yang berat, jalan-jalan bersama bersama teman dapat mengurangi stres. Seiring dengan waktu, bila dilakukan setiap hari dapat mengurang depresi, tubuh menjadi sehat, dan tidur lebih nyenyak.

8. Olahraga yang bisa Anda nikmati
Lakukan olahraga yang Anda gemari, seperti berjalan kaki, marathon, bersepeda, atau bekerja di kebun halaman, bermain tenis atau pun berenang. Tidak sekedar berolahraga saja melainkan pilihlah olahraga yang Anda kuasai, tidak membuat Anda merasa tertekan olehnya. Terpenting, Anda melakukannya dengan perasaan santai dan menikmatinya.

9. Olahraga bersama kelompok
Olahraga bersama-sama dengan beberapa orang akan menghilang perasaan keterasingan, kesepian dan menciptakan hubungan relasi dengan orang-orang baru. Tetap menciptakan persahabatan dengan mereka Anda tidak akan menduga mendapat dukungan dari mereka sewaktu-waktu.

10. Cukup sinar matahari
Penderita depresi akan meningkat kecemasannya menjelang malam, biasakanlah membuka jendela dan biarkn matahari pagi atau sore memasuki kamar. Terapi sinar matahari kadang cocok bagi beberapa orang, tidak salahnya Anda mencobanya. Konsultasikan dengan dokter.

11. Kembangkan kreativitas
Melukis, photografi, mendengar musik, bermain layangan atau menulis artikel adalah cara-cara yang dapat dilakukan untk mengeksplorasi perasaan dan ekspresi pikiran. Melakukan pekerjaan yang kreatif dapat melupakan permasalahan dan menciptakan rasa senang di dalam diri. Lakukan sesuatu yang dapat menciptakan rasa senang berarti tubuh akan menciptakan hormon-hormon positif yang dapat mengalahkan hormon negative, terpenting adalah Anda semakin mengenal tubuh dan emosi Anda sendiri.

12. Sediakan waktu untuk relaksasi
Meningkatnya kadar stres dan kecemasan merupakan gejala-gejala kemunculan depresi dan akan semakin sulit untuk disembuhkan. Relaksasi akan membantu individu menjadi lebih tenang dan dapat mengontrol emosinya. Teknik ini dapat dilakukan seperti mengikuti yoga, Tai chi, meditasi, mendengar musik, hypnosis, pijat (spa), zikir dan sebagainya.

13. Ikuti kegiatan sosial
Ikut dalam sebuah organisasi masyarakat akan menumbuhkan kepdulian terhadp orang lain, dengan demikian akan semakin bertambah pengalaman dalam memandang sebuah persoalan hidup. Mengikuti diskusi juga akan menambah teman yang dapat membuat Anda merasa lebih nyaman.

14. Dekatkan diri kepada Tuhan
Mendekatkan diri kepada Tuhan akan menambah nilai-nilai spritual dalam menjalani hidup. Kedekatan diri dengan Tuhan akan menambah wawasan spiritual dan memberikan cara pandang yang berbeda terhadap masalah-masalah yang muncul, disamping itu ibadah juga memberikan rasa nyaman dalam diri individu.

15. Tetap menjaga persahabatan
Menjaga persahabatan dengan teman-teman akan memberikan dukungan dan support ketika menghadapi masalah. Mengahbiskan waktu bersama teman, minum kopi bersama, jalan-jalan ―teman akan membantu kamu dalam menghadapi depresi. Mempunyai sahabat berarti seseorang akan mendengarkan diri Anda.

16. Tidur cukup
Depresi akan membuat individu kesulitan untuk tidur, namun diantara penderita depresi juga tidur secara berlebihan (hipersomnia). Keduanya akan membentuk kebiasaan tidak baik. Usahakanlah tidur secara teratur dan tepat waktu. Gunakan relaksasi terlebih dahulu. Tidur yang cukup akan memberikan energi lebih, meningkatkan kesehatan fisik dan juga mental.

17. Hindari alkohol dan obat-obatan
Alkohol dan obat-obatan ilegal akan memperburuk situasi depresi. Penggunaan obat-obatan depresi itu sendiri pun dalam jangka waktu tertentu, tidak dibolehkan digunakan dalam jangka waktu yang lama. Bila Anda memiliki ketergantungan pada obat dan alkohol haruslah terlebih daulu dilakukan pemulihan sebelum depresi semakin memburuk

18. Ikutlah terapi penyembuhan
Langkah terbaik adalah mengikuti program penyembuhan dengan terapi pada ahlinya. Terapi tidak akan berjalan dengan baik bila individu sendiri tidak berusaha melakukan-langkah-langkah penyembuhan yang disusun oleh tenaga profesional disamping motivasi individu sendiri untuk sembuh. Terapi juga dapat mengurangi resiko bunuh diri bagi penderita depresi

Penulis

ayed
Sayed Muhammad
adalah lulusan psikologi Universitas Islam Indonesia, ia adalah perintis dan penulis tetap di website ini. Beberapa pengalamannya pernah mengajar di STAIN Malikussaleh untuk bidang studi psikologi pendidikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Lainnya

Developmental Milestones: Usia 24 Bulan

14 Oct 2015 pikirdong

Perkembangan Mental Usia 24 Bulan PENGAMATAN PERILAKU Komunikasi Bahasa Mulai merangkai kata-kata Tingkah laku Senang dipuji bila selesai menyelesaikan tugasnya Pekerjaan menyangkut…

Agenda Sosial Pikirdong

03 Sep 2013 pikirdong

Agenda sosial merupakan bentuk kepedulian bersama terhadap orang sekeliling kita yang kami adakan atas partisipasi…

Fetishisme – Paraphilia

06 Sep 2013 pikirdong

Fetishisme menggambarkan bentuk penyimpangan seksual dimana individu dalam melakukan aktivitas seksual melibatkan barang-barang tertentu. Bila…

Mengkritik dengan Tepat

05 Oct 2013 Sayed Muhammad

Kritik dapat dilakukan oleh siapapun, namun tidak semua kritikan yang dilontarkan dapat diterima dengan sikap…

Pemaafan: Penyembuhan Problem Psikologis Individu dan Bangsa

09 Sep 2013 Fuad Nashori

INTISARI Ada dua istilah yang mirip pengertiannya, yaitu pemaafan dan rekonsiliasi. Pemaaafan (forgiveness) adalah menghapus luka-luka…

Beberapa Jalan Menetaskan Ide-ide Kreatif Perspektif Psikologi Islami

10 Sep 2013 Fuad Nashori

Tulisan ini akan menunjukkan proses-proses terjadinya kreativitas dalam perspektif Psikologi Islami. Perspektif psikologi Islami mempercayai…

Dimensi Sosial Puasa

10 Sep 2013 Fuad Nashori

Puasa merupakan salah satu ibadah penting umat beragama, terutama umat Islam. Dalam Islam, sebagian puasa…

Studi Tentang Profil Pengasuhan Orangtua Anak-anak Berprestasi di…

06 Sep 2013 Fuad Nashori

ABSTRACT Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil pengasuhan orangtua dari anak-anak yang berprestasi. Hal-hal yang ingin…

Fetishisme Transvestik – Paraphilia

06 Sep 2013 pikirdong

Transvestitism, atau fetishisme transvestik adalah penyimpangan seksual yang dialami oleh individu heteroseksual (pada pria) untuk…

Menyikapi Budaya Beragama yang Beragam

10 Sep 2013 Fuad Nashori

Agama adalah seperangkat keyakinan, aturan, praktik berperilaku yang berasal dari Tuhan. Ia dihadirkan Tuhan di…

Smartphone: Brain Drain, Kutu Rambut dan Mr. Nice…

13 Jul 2017 Sayed Muhammad

Pada hari ini, hampir semua orang memiliki keterkaitan dengan internet sebagai salah satu kebutuhan penting…

Developmental Milestones: Usia 12 Bulan

14 Oct 2015 pikirdong

Perkembangan Mental Usia 12 Bulan PENGAMATAN PERILAKU Komunikasi Bahasa Mulai belajar meniru suara pembicaraan Menggunakan kata-kata tunggal yang sederhana Tingkah laku Mulai…

  • 1
  • 2
  • 3

Kategori Lainnya

Smartphone: Brain Drain, Kutu Rambut dan Mr. Nice Guy

Pada hari ini, hampir semua orang memiliki keterkaitan dengan internet sebagai salah satu kebutuhan penting manusia modern, internet telah menghubungkan…

13 Jul 2017 Artikel Psikologi Psikologi Umum Sayed Muhammad No comments

Agenda Sosial : Bantuan untuk Korban Gempa Pidie Jaya II

Alhamdulillah, setelah kita melakukan aksi kemanusiaan yang pertama, kita akan mengadakan aksi bantuan kemanusiaan yang kedua yang rencananya akan disalurkan…

19 Dec 2016 Agenda Sosial pikirdong No comments

Aksi Kemanusiaan untuk Gempa Aceh - Pidie Jaya

Aksi kemanusiaan ini merupakan aksi spontan, yang kami sebut sebagai solidaritas warga dunia maya dalam menggalang dana kemanusiaan untuk gempa…

19 Dec 2016 Agenda Sosial pikirdong No comments

Idul Adha Barakah 2016

Idul Adha Barakah : Pembagian paket sembako untuk kawasan Lhokseumawe dan sekitarnya pada tanggal 9-10 September 2016 Dana terkumpul sebesar Rp.…

19 Sep 2016 Agenda Sosial pikirdong No comments

Agenda Sosial Pikirdong

Agenda sosial merupakan bentuk kepedulian bersama terhadap orang sekeliling kita yang kami adakan atas partisipasi teman-teman semua yang rela dan…

03 Sep 2013 Agenda Sosial pikirdong No comments

Salah Kaprah tentang HAM

Dewasa ini isu Hak Asasi Manusia (HAM) semakin marak dan menyentuh hampir semua aspek kehidupan kita. Ada hak perempuan, hak…

05 Oct 2016 Artikel Psikologi GIB Psikologi Islami Psikologi Sosial Bagus Riyono Comments (1)

«
»
supportbawah
logobawah

Terbaru

Psikologi Islami

Pikirdong is a website that contains articles psychology, sociology, and some public opinion. Pikirdong also contains several articles related to health, research, technology and science related to psychology. We are open to the public, if you want to contribute articles relating to the above. Thanks
Copyright © 2007 - 2014