TwitterFacebookGoogle+

Tanpa Pacar Bikin Bete?

Banyak orang merasa tidak nyaman dengan kondisi hidup sendiri tanpa pacar disamping. Mereka menciptakan momok untuk sabtu malam sebagai malam yang selalu kelabu, bete menjadi kata popular pada saat-saat tertentu…

Bagaimana tidak? Mau jalan keluar, setiap sudut terlihat pasangan muda-mudi, tidak ada teman lawan jenis yang bisa di ajak untuk sekedar jalan menikmati malam….  Jalan barengan, tangan saling menggenggam, romantis sekali kelihatannya… bikin hati iri saja melihatnya. Siapa yang tidak ingin punya pacar? Dunia bisa berubah dengan punya pacar? Kita tidak sendiri lagi, bangun pagi sampai hendak tidur pun ada yang selalu memperhatikan. Duch, siapa yang tidak kepingin punya pacar yang perhatian dan penuh kasih sayang?

STOP!! Hentikan!! Eh, siapa bilang tanpa pacar bikin hidup lebih garing!? Bentar dulu!!!

“Memang enak sich punya pacar, tapi bagi gue biasa-biasa saja tuch. Sama saja, ada atau nggak tidak ada berubah, semuanya tergantung ama kita…” ( Ina , 18, pelajar)

“Waduh, kayaknya mendingan pikirin sekolah dulu dech, biar gampang konsentrasi.” ( Putri , 15, pelajar)

Kenapa mesti bete tanpa pacar? Cheer up! Ayoo kita kupas habis apa seeh yang dapat kamu lakukan dengan masalah ini? Jangan bingung apalagi sedih, ntarnya malah bikin kamu tambah bete!

Apa yang mesti kamu lakukan?

1. Berpikir positif!   Ini yang paling penting! Bentuk perasaan dan pikiran kamu untuk berpikir positif  dengan kondisimu sekarang. Jangan memikirkan hal-hal yang dapat membuat kamu merasa sepi, marah, benci, sedih atau dengan sengaja membentuk khayalan tentang indahnya punya pacar karena semuanya dapat memperburuk suasana hati kamu. Ingat perasaan awal yang negatif dapat menghasilkan sikap yang negatif pula.

2. Punya banyak teman!   Boleh saja tidak punya pacar, tapi yang satu ini jangan! Teman  dapat menghapus pikiran-pikiran yang dapat membawa mu dalam suasana sepi. Nah, daripada bengong dikamar, mendingan ngumpul bareng teman atau jalan-jalan bersama teman. Punya teman dapat menambah wawasan kamu dan kesempatan untuk punya pacar lebih besar. Ya nggak?

3. Cari kesibukan!    Kesibukan dapat melupakan status kamu yang masih sendiri. Cari kegiatan yang bermanfaat untuk kamu. Ikut kegiatan sekolah, olahraga yang menantang, kursus dan masih banyak kegiatan lain yang dapat kamu lakukan.

4. Rileks untuk dirimu sendiri.  Waktu yang kamu punya lebih banyak, kenapa mesti dilewatkan begitu saja dengan perasaan-perasaan negatif? Coba belajar untuk hidup lebih santai, terima dirimu sendiri dengan tulus dengan demikian kamu lebih mudah untuk mengerti dan menerima orang lain.

5. Konsentrasi pada hal-hal yang bermanfaat.  Jangan buang waktu lagi dengan khayalan dan mimpi-mimpi muluk, tanpa pacar bukan masalah bagi mu untuk melakukan hal yang bermanfaat. Tanpa pacar berarti mengurangi suatu masalah, jangan memikirkan ini (tanpa pacar-red) adalah inti permasalahannya.Pacaran bukan berarti tidak ada konflik, manfaatkan kesempatan ini untuk berkonsentrasi dengan tugas dan cita-cita kamu.

6. Bina diri.  Pernah nggak seeh kita berpikir, kenapa sampai saat ini kita tidak punya pacar? Apa yang salah dengan diri kita? Sekarang saatnya untuk introspeksi diri. Tidak ada gunanya kalau kita hanya sekedar tahu apa yang salah dengan diri kita, kalau kita tidak pernah merubahnya. Ubah sikap-sikap kita kalau kita ingin terus dapat mencintai dan dicintai oleh orang lain! Lakukan hal-hal yang belum biasa kita lakukan. Mulailah bersikap jujur pada diri sendiri, ubah sikap kita yang selalu cuek dengan keadaan sekeliling, bersikap lembut tenang, tidak gampang emosi dan perhatian terhadap hal-hal kecil yang sering dilupakan orang.

7. Membuka diri dengan menerima orang lain secara tulus.  Ada beragam orang disamping kita, ada yang membuat kita merasa nyaman bersamanya dan ada yang membuat kita merasa muak bila berlama-lama dengannya. Jangan membencinya apalagi mengeluh dengan sikap-sikapnya dibelakang dirinya.Tidak ada orang yang sempurna. Orang lain juga mempunyai pendapat yang berbeda dengan kita, bisa saja orang yang mendengar keluhan kita akan menilai sama dengan orang itu. Anggap saja inilah hidup dimana orang-orang seperti itulah yang memberi warna dalam kehidupan kita.

8. Ubah tampilan diri.  Bila kamu kurang peduli dengan tampilan, maka sekarang saat untuk mengubahnya. Coba tampil berbeda dengan sebelumnya, bila kamu sebelumnya tidak pernah rapi dalam berpakaian, ubah penampilan kamu, bikin kejutan pada teman-teman kamu. Tunjukkan pada mereka bahwa kamu menyukai kerapian dan tampil bersih. Mulailah dengan mengubah tampilan rambut.

9. Nikmati hidup.  Banyak waktu kita yang terbuang dengan percuma, padahal hidup hanya satu kali. Kebanyakan kita melaluinya dengan begitu saja. Bukan dengan apa yang kita kerjakan, tapi apa yang kita rasakan saat ini. Apakah kita benar-benar hidup? Kebanyakan orang hidup bekerja dengan rutinitas hingga hal-hal kecil dalam hidup dilewatkan begitu saja. Duduk lebih santai dan menelusuri kembali masa kecil yang bahagia, atau bangun pagi lebih awal dan menatap sunrise, atau sekedar mendengar kicau burung akan membuat diri kamu lebih merasa hidup. Tetap bersemangat!!

10. Bersiap punya pacar baru!  Tumbuhkan keyakinan dalam dirimu bahwa kamu tidak akan selamanya seperti ini. Beri kesempatan dan semangat untuk dirimu sendiri untuk merasakan cinta. Lakukan yang terbaik untuk dirimu.

T.I.P.S    20 Kegiatan yang dapat melupakan status “single fighter”

—————————————————————————-

1. Tersenyum. Tersenyum dapat membangkit syaraf-syaraf lebih berenergi, bikin kamu lebih bersemangat. ini baik buat kamu daripada pasang wajah cemberut melulu. Cepat bikin tua lhoo.

2. Membaca. Banyak banyak buku juga dapat menambah wawasan, jadi tidak perlu alergi dengan buku yang tebal. Novel juga asyik buat dibaca apalagi novel-novel petualangan.

3. Melukis. Melukis memberikan tantangan, kamu tidak perlu jago dalam hal ini, kalau perlu bikin aliran baru dalam seni rupa!. Melukis juga dapat mengembangkan imajinasi kamu dan membentuk perasaan yang lebih tenang,

4. Bikin acara pesta, atau menghadiri acara pesta ulang tahun teman atau acara-acara lainnya, bisa menambah pergaulan dan teman selain itu juga bikin kamu menjadi lebih terbuka untuk menerima orang lain.

5. Olahraga. Coba olahraga yang menantang yang belum pernah kamu lakukan.

6. Punya koleksi tertentu? Coba mengatur atau menatanya kembali, atau membersihkannya.

7. Membersihkan atau menata kamar. Selain bisa bikin ruang jadi bersih juga bisa mendapatkan suasana baru.

8. Travelling. Coba jalan keluar dari kota tempat kamu tinggal untuk beberapa hari.

9. Menelpon teman. Persahabatan seperti tanaman, kamu perlu menyiramnya selalu. Telpon teman lama yang jarang sekali kamu hubungi, pasti ia akan kaget mendapat surprise dari kamu.

10. Main games! Coba games yang menantang dan penuh strategi.

11. Jalan-jalan bareng teman. Ngumpul dan jalan bareng teman ke mall atau camping juga asyik, bikin kamu happy bersama teman-temanmu.

12. Dengar musik. Musik dapat mengurangi ketegangan ketika kita terlalu lelah dan memberikan rasa nyaman pada diri kita sendiri.

13. Cari film komedi.

14. Surfing di internet. Banyak hal yang menarik dapat ditemukan di internet. Tembusi dunia tanpa batas dengan surfing di internet, chatting juga dapat menambah teman baru, dan memberikan informasi yang kamu butuhkan.

15. Cari permainan atau ketrampilan yang menantang seperti menyusun puzzle, atau replika mobil, pesawat dan sebagainya.

16. Mengunjungi teman atau keluarga.

17. Merawat binatang peliharaan. Membersihkan akurium atau memberikan makan si kitty.

18. Merancang kartu ultah sendiri. Rancang dengan kreatifitasmu sendiri lebih berarti daripada membelinya di supermarket. Kamu dapat membuatnya dari kertas atau merancangnya melalui komputer.

19. Ikut organisasi tertentu. Disamping melatihmu berorganisasi kamu juga bisa dapat banyak teman.

20. Tetap bersemangat! Tegakkan badanmu, jangan biarkan dirimu menjadi lemah hanya karena hal-hal sepele. Bangkitkan dengan semangat dan antusias!

Penulis

ayed
Sayed Muhammad
adalah lulusan psikologi Universitas Islam Indonesia, ia adalah perintis dan penulis tetap di website ini. Beberapa pengalamannya pernah mengajar di STAIN Malikussaleh untuk bidang studi psikologi pendidikan.

Leave a Reply

Be the First to Comment!

avatar

Artikel Lainnya

Teknik Relaksasi: Mengurangi Stres

04 Sep 2013 pikirdong

Relaksasi merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan sendiri oleh individu untuk mengurangi stres, kekalutan…

Asperger Syndrome

05 Sep 2013 pikirdong

Gangguan Asperger atau dikenal dengan istilah Asperger syndrome (AS), juga disebut sebagai Asperger disorder merupakan…

Hospice: Tempat Perawatan Orang yang Hampir Meninggal

03 Sep 2013 Sayed Muhammad

Beberapa tahun lalu, tetangga saya mengidap kanker payudara, setelah melakukan operasi di tanah air sebelumnya,…

Orientasi Nilai Budaya dan Pemaafan pada Mahasiswa

05 Sep 2015 Fuad Nashori

Abstract The aim of this research is to find out relationship between Javanese cultural value orientation…

Mencapai Pribadi Yang Sukses

18 Oct 2013 pikirdong

Siapa kita ? Kita adalah makhluk ciptaan Allah (baca:manusia) yang terlahir ke dunia ini dalam keadaan…

Tersenyumlah!

09 Sep 2013 Sayed Muhammad

Tertawa dan belajarlah, sebab kita semua membuat kesalahan (Weston Dunlap ) Abe adalah seorang anak dalam…

Histrionic Personality Disorder

06 Sep 2013 pikirdong

Gangguan kepribadian histrionik (histrionic personality disorder) adalah gangguan kepribadian dengan karakter emosi yang meluap-luap…

Identitas Universitas Islam

09 Sep 2013 Fuad Nashori

Dalam kesempatan ini saya ingin membuka kembali wacana tentang Universitas Islam. Persoalan ini penting untuk…

Commitment Phobia

06 Sep 2013 pikirdong

Commitment phobia merupakan bentuk suatu ketakutan (fear) untuk menjalin suatu hubungan yang lebih erat, rasa…

Edisi Ibukota : Sikap "Inilah Waktunya!"

04 Sep 2013 Candrawati Wijaya

Salam Tarzan Kota!  Seberapa sering hal ini terjadi pada diri kita : Anda duduk dalam pertemuan staf…

Hukuman Mati untuk Koruptor

10 Sep 2011 Fuad Nashori

Di tengah maraknya kasus markus yang terjadi di negeri ini, rasanya patut bagi kita untuk…

Kompetensi Interpersonal Mahasiswa Ditinjau dari Jenis Kelamin

06 Sep 2013 Fuad Nashori

ABSTRACT Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kompetensi interpersonal antara mahasiswa laki-laki dan mahasiswa perempuan. Hipotesis…

  • 1
  • 2
  • 3

Artikel Baru

Muslim yang Ketakutan

Ada rasa takut, khawatir saat mau nge-share tulisan ulama yang dicap radikal. Takut dianggap pro HTI, pro FPI, ekstrim, radikal,…

30 May 2018 Khairrubi Kolom Ruby Kay No comments

Mendidik Anak dengan Sepenuh Hati

Mendidik atau mengasuh anak dengan sepenuh hati itu artinya mendidik anak dengan pendidikan Islam. Hanya dengan pendidikan Islam saja orangtua…

23 May 2018 Artikel Keluarga Psikologi Islami Irwan Nuryana Kurniawan No comments

Biar Anak Rajin Ke Masjid

Saya dan istri saya ingin semua anak rajin ke masjid. Yang kami tahu adalah nanti yang mendapat naungan dari terik…

29 Apr 2018 Artikel Keluarga Artikel Umum Fuad Nashori No comments

Ketika Si Anak Memilih Jalannya Sendiri

Orangtua berupaya agar anaknya memilih jalan yang terbaik yang menjamin masa depannya. Tugas orangtua yang pertama tentu adalah mengarahkan. Dulu…

28 Apr 2018 Artikel Keluarga Artikel Umum Fuad Nashori No comments

Mendidik Anak Mandiri

Salah satu tugas orangtua adalah melatih anaknya menjadi pribadi yang mandiri. Pribadi yang mandiri adalah pribadi yang memiliki inisiatif untuk…

27 Apr 2018 Artikel Keluarga Fuad Nashori No comments

Teman Berselingkuh

Suatu hari ketika Anda sedang berjalan-jalan di pusat perbelanjaan, Anda melihat teman sekantor Anda sedang berjalan mesra dengan seseorang yang…

27 Feb 2018 Obrolan pikirdong Comments (3)

«
»
supportbawah
logobawah

Terbaru

Psikologi Islami

Pikirdong is a website that contains articles psychology, sociology, and some public opinion. Pikirdong also contains several articles related to health, research, technology and science related to psychology. We are open to the public, if you want to contribute articles relating to the above. Thanks
Copyright © 2007 - 2014