TwitterFacebookGoogle+

Wanita Lebih Mudah Stres?

Menurut Georgia Witkin dalam bukunya The Female Stress Syndrome (1991), wanita memiliki penyebab stres yang unik, Witkin telah meneliti dalam waktu yang panjang. Menurutnya stres pada wanita sifatnya berbeda dengan ungkapan stres pada pria. Stres pada wanita sifatnya lebih lama dibandingkan pria dan stres itu sendiri diluar kendali mereka. Kedua faktor inilah menyebabkan stres berbahaya untuk kesehatan fisik dan psikologis.

Stres berkepanjangan tidaklah baik, Goleman (1995) menjelaskan bahwa pada saat tubuh sedang stres, terjadi peningkatan hormon-hormon stres secara terus-menerus sehingga terjadi penumpukan, sementara hormon tersebut tidaklah hilang atau kembali normal begitu saja ketika kadar stres menurun. Ketika individu mengalami provokasi kembali, hormon tersebut kembali diproduksi oleh tubuh, kondisi overload inilah yang menyebabkan terjadinya letupan-letupan emosi yang tidak terkendali, serangan panik, kalap (gelap mata) atau bahkan serangan jantung.

Penyebab stres itu sendiri dalam beberapa segi sama hal yang terjadi pada pria umumnya, namun stress pada wanita lebih berkenaan pada sisi penghargaan yang mereka terima serta peran ganda yang mesti mereka lakukan; kebanyakan dialami oleh ibu rumahtangga yang bekerja.

Beberapa penyebab timbulnya stres pada wanita;

1) Stres yang berkaitan erat dengan perkembangan fisik  Pada wanita, stres berkenaan dengan hal ini pada fase pertumbuhan dan perkembangan awal remaja 

– Menstruasi pertama  (menarche)
Menstruasi pertama kalinya menimbulkan stres bagi beberapa remaja, namun tingkat stres ini berkurang bila remaja memiliki pengetahuan dini mengenai mestruasi sejak dari awal, kesiapan mental akan memberikan pengaruh positif terhadap penerimaan diri dan menghadapi siklus selanjutnya.

– siklus menstruasi
Bagi beberapa wanita kedatangan menstruasi menimbulkan rasa sakit, tidak nyaman, gelisah dan stres, kondisi ini disebut dengan premenstrual syndrom .

– kehamilan
Bagi beberapa wanita, kehamilan merupakan hal yang menakutkan, perubahan bentuk fisik sampai ketakutan-ketakutan terhadap kondisi janin yang dikandungnya. Meningkatnya kecemasan menjelang melahirkan sampai pada pasca persalinan juga dapat menjadi sumber munculnya stres.

Menopause 
Ketika memasuki usia lanjut, wanita akan mengalami stres yang disebabkan mulai terjadinya ketidakteraturan siklus menstruasi, pelbagai perubahan fisik dan psikologis menjelang perimenopause menimbulkan kecemasan dan stres.

2) Perubahan peran kehidupan   

– Perubahan status dari lajang ke menikah Perubahan drastis kehidupan pada wanita yang mandiri (lajang) menjadi seorang istri menimbulkan kecemasan. Perubahan mendadak dimana awalnya tidak terikat dengan orang lain kini menjadi terbatasi dan disertai dengan tugas peran baru. Status sebagai seorang istri menjadi beban psikologis bila tidak adanya proses adaptasi yang fleksibel diantara kedua pasangan menikah.

– Perubahan status dari istri menjadi seorang ibu Melahirkan anak, merawat dan membesarkan anak merupakan pekerjaan-pekerjaan yang dilakukan oleh wanita. Tugas-tugas ini dilakukan tanpa adanya pelatihan-pelatihan khusus, namun wanita dapat melakukannya dengan terampil, proses belajar awal yang cepat secara terun temurun dan dilakukan sepanjang waktu.

– Pergeseran moral Stres yang disebabkan oleh pergeseran moral berupa;

(1) perselingkuhan, ketakutan akan pengabaian hubungan, kehadiran orang ketiga dan penolakan pasangan

(2) Meningkatnya angka perceraian

– pertambahan usia Perubahan bentuk tubuh seiring dengan pertambahan usia memberikan tekanan sendiri bagi beberapa wanita separuh baya, sementara semakin banyaknya remaja muda dan lebih cantik.

– Kecemasan akan resesi ekonomi Hidup dalam resesi ekonomi membuat hapir setiap orang mengalami stres, namun dampak terberat adalah pada wanita menikah. Desakan ekonomi dan kebutuhan keluarga yang terus meningkat membuat wanita harus pintar dalam mengatur strategi keuangan.

– Mempersiapkan diri menuju usia tua Berbenah diri setelah anak-anak dewasa, kehidupan masa tua yang tidak bahagia atau menjadi janda adalah alur kehidupan yang akan dihadapi, perubahan mental ini sedikitnya akan memberikan pengaruh munculnya stres pada wanita

3) Karakter dan gaya hidup    

– Gaya hidup modern Banyak wanita menghabiskan uang untuk mengejar sesuatu yang semu, sebuah kebutuhan gaya hidup agar dapat diterima oleh komunitasnya. Diantara mereka membeli sesuatu yang bukan kebutuhannya tanpa sadar ―terpengaruh gaya hidup seperti ini, tidak beli maka disebut ketinggalan jaman, kuno atau tidak modis dan sebagainya

– Wanita karir yang yang dipaksa tinggal di rumah Wanita karir merasa tidak betah untuk diam di rumah saja, banyak hal yang ingin dilakukannya untuk mengejar karirnya itu. Pemaksaan dan pengekangan secara berlebihan dapat membuatnya merasa tertekan

– Wanita yang terpaksa bekerja Resesi ekonomi menyebabkan beberapa wanita terpaksa bekerja untuk menambah pendapatan ekonomi keluarga, mau tidak mau diantara himpitan kebutuhan yang terus meningkat memaksa wanita lebih kreatif atau bekerja untuk menambah pendapatan keluarga. Sulit dan sempitnya peluang kerja, bahkan diantara wanita tersebut menjadi penopang keluarga.

4) Stres yang disebabkan oleh krisis hidup yang sebagian besar dibebankan pada wanita   

– Merawat orang sakit Hampir sebagian besar wanita melakukan pekerjaan-pekerjaan dalam merawat orang sakit, baik orangtua atau anggota keluarga

– Merawat dan mengasuh anak cacat Kehadiran anak cacat dalam keluarga menimbulkan stres dan depresi bagi keluarga. Anak cacat membutuhkan pertolongan hampir setiap hari dari orang lain, dan pekerjaan-perkerjaan itu dilakukan oleh wanita.

– Merawat bayi Stres dapat muncul bila pasangan (suami) tidak memberikan dorongan dan support moril, hampir semua pekerjaan dalam mengasuh dan merawat anak dilakukan oleh wanita, menggantikan popok, memandikan bayi, menyusui, bangun di malam hari dan pekerjaan itu berlangsung rutin selama hampir 2 tahun.

5) Pelbagai faktor dan kondisi sosial lainnya  

Tokenisme Yakni suatu perlakuan atau ketentuan yang mengatur batasan baik secara langsung atau tidak dalam meminimalisir pekerjaan-pekerjaan dengan tujuan untuk memberikan kesempatan kepada orang lain. Banyak wanita kadang harus melepaskan beberapa pekerjaan karena mempertimbangkan beberapa hal yang sebenarnya dapat dilakukannya atau diinginkannya (seperti tidak merasa nyaman karena ia seorang perempuan)

Chauvinism Merupakan suatu kecenderungan atau sifat membanggakan kelompok, ras, suku bangsa sendir secara berlebihan

– Diskriminasi seksual Baik dilakukan secara semar ataupun secara terang-terangan.

– Chaos dan peperangan Wanita dan anak-anak adalah korban yang paling banyak dari huru-hara atau dalam sebuah peperangan. Mereka adalah korban yang sesungguhnya dari peristiwa tersebut. Trauma berkepanjangan dirasakan paling banyak pada wanita dan anak-anak.

Penulis :ayed

Sayed Muhammad adalah lulusan psikologi Universitas Islam Indonesia, ia adalah perintis dan penulis tetap di website ini.

 

Leave a Reply

Be the First to Comment!

avatar

Artikel Lainnya

Teknik Relaksasi: Mengurangi Stres

04 Sep 2013 pikirdong

Relaksasi merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan sendiri oleh individu untuk mengurangi stres, kekalutan…

Asperger Syndrome

05 Sep 2013 pikirdong

Gangguan Asperger atau dikenal dengan istilah Asperger syndrome (AS), juga disebut sebagai Asperger disorder merupakan…

Hospice: Tempat Perawatan Orang yang Hampir Meninggal

03 Sep 2013 Sayed Muhammad

Beberapa tahun lalu, tetangga saya mengidap kanker payudara, setelah melakukan operasi di tanah air sebelumnya,…

Orientasi Nilai Budaya dan Pemaafan pada Mahasiswa

05 Sep 2015 Fuad Nashori

Abstract The aim of this research is to find out relationship between Javanese cultural value orientation…

Mencapai Pribadi Yang Sukses

18 Oct 2013 pikirdong

Siapa kita ? Kita adalah makhluk ciptaan Allah (baca:manusia) yang terlahir ke dunia ini dalam keadaan…

Tersenyumlah!

09 Sep 2013 Sayed Muhammad

Tertawa dan belajarlah, sebab kita semua membuat kesalahan (Weston Dunlap ) Abe adalah seorang anak dalam…

Histrionic Personality Disorder

06 Sep 2013 pikirdong

Gangguan kepribadian histrionik (histrionic personality disorder) adalah gangguan kepribadian dengan karakter emosi yang meluap-luap…

Identitas Universitas Islam

09 Sep 2013 Fuad Nashori

Dalam kesempatan ini saya ingin membuka kembali wacana tentang Universitas Islam. Persoalan ini penting untuk…

Commitment Phobia

06 Sep 2013 pikirdong

Commitment phobia merupakan bentuk suatu ketakutan (fear) untuk menjalin suatu hubungan yang lebih erat, rasa…

Edisi Ibukota : Sikap "Inilah Waktunya!"

04 Sep 2013 Candrawati Wijaya

Salam Tarzan Kota!  Seberapa sering hal ini terjadi pada diri kita : Anda duduk dalam pertemuan staf…

Hukuman Mati untuk Koruptor

10 Sep 2011 Fuad Nashori

Di tengah maraknya kasus markus yang terjadi di negeri ini, rasanya patut bagi kita untuk…

Kompetensi Interpersonal Mahasiswa Ditinjau dari Jenis Kelamin

06 Sep 2013 Fuad Nashori

ABSTRACT Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kompetensi interpersonal antara mahasiswa laki-laki dan mahasiswa perempuan. Hipotesis…

  • 1
  • 2
  • 3

Artikel Baru

Muslim yang Ketakutan

Ada rasa takut, khawatir saat mau nge-share tulisan ulama yang dicap radikal. Takut dianggap pro HTI, pro FPI, ekstrim, radikal,…

30 May 2018 Khairrubi Kolom Ruby Kay No comments

Mendidik Anak dengan Sepenuh Hati

Mendidik atau mengasuh anak dengan sepenuh hati itu artinya mendidik anak dengan pendidikan Islam. Hanya dengan pendidikan Islam saja orangtua…

23 May 2018 Artikel Keluarga Psikologi Islami Irwan Nuryana Kurniawan No comments

Biar Anak Rajin Ke Masjid

Saya dan istri saya ingin semua anak rajin ke masjid. Yang kami tahu adalah nanti yang mendapat naungan dari terik…

29 Apr 2018 Artikel Keluarga Artikel Umum Fuad Nashori No comments

Ketika Si Anak Memilih Jalannya Sendiri

Orangtua berupaya agar anaknya memilih jalan yang terbaik yang menjamin masa depannya. Tugas orangtua yang pertama tentu adalah mengarahkan. Dulu…

28 Apr 2018 Artikel Keluarga Artikel Umum Fuad Nashori No comments

Mendidik Anak Mandiri

Salah satu tugas orangtua adalah melatih anaknya menjadi pribadi yang mandiri. Pribadi yang mandiri adalah pribadi yang memiliki inisiatif untuk…

27 Apr 2018 Artikel Keluarga Fuad Nashori No comments

Teman Berselingkuh

Suatu hari ketika Anda sedang berjalan-jalan di pusat perbelanjaan, Anda melihat teman sekantor Anda sedang berjalan mesra dengan seseorang yang…

27 Feb 2018 Obrolan pikirdong Comments (3)

«
»
supportbawah
logobawah

Terbaru

Psikologi Islami

Pikirdong is a website that contains articles psychology, sociology, and some public opinion. Pikirdong also contains several articles related to health, research, technology and science related to psychology. We are open to the public, if you want to contribute articles relating to the above. Thanks
Copyright © 2007 - 2014